Rabu, 02 November 2016

RPP TEMATIK Kelas IV tema 4 subtema 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : MI At-Tauhid Surabaya
Kelas/Semester            : IV/1
Tema                           : 4. Berbagai Pekerjaan
Sub Tema                    : 3. Pekerjaan Orang Tuaku
Waktu                         : 6 x 35 menit (1 pertemuan)
Pembelajaran               : 1
A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati Kmendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Matematika
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang.
4.9 Mengembangkan dan membuat berbagai pola numerik dan geometris.
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan.
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya.
C.  Indikator
Bahasa Indonesia
3.3.1 Mendesain kalimat pertanyaan untuk wawancara tentang pekerjaan orang tua di rumah.
4.3.1 Melakukan wawancara tentang pekerjaan orang tua di rumah.
Matematika
3.14.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
3.7.1 Membadingkan penggunaan teknologi dalam hal membantu pekerjaan dari masa ke masa.
4.6.1 Memberikan ide cara menjaga kesuburan tanah.
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
3.1.1 Membandingkan alat-alat yang digunakan untuk pekerjaan dari masa ke masa.
4.1.1 Memprediksi alat-alat yang digunakan untuk pekerjaannya di masa mendatang.
D. Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah diskusi kelas dan analisis gambar, siswa mampu membandingkan alat-alat yang dibutuhkan untuk pekerjaan dari masa ke masadalam bentuk tulisan dengan benar.
2.      Setelah diskusi kelas dan analisis gambar, siswa mampu memprediksi alat-alat yang dibutuhkan untuk pekerjaan dimasa mendatang dengan rinci.
3.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu menjelaskan konsep luas dan keliling bangun gabungan dengan dalam bentuk tulisan benar.
4.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar dengan benar.
5.      Setelah mengamati gambar, siswa mampu membandingkan penggunaan teknologi dalam hal membantu pekerjaan dari masa ke masa dengan rinci.
6.      Setelah membaca teks dan diskusi, siswa mampu memberikan ide cara menjaga kesuburan tanah dengan tepat.
7.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu membuat pertanyaan yang sesuai mencari informasi tentang pekerjaan orang tua.
E. Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia  : Mendesain pertanyaan untuk wawancara
Matematika           : Keliling dan luas persegi panjang
IPA                       : Memahami dampak penggunaan pupuk
IPS                                    : Pekerjaan petani, perkembangan teknologi
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan             : Saintifik, tematik integrative
Metode                   : Kerja kelompok, penugasan, proyek, ceramah, demonstrasi, diskusi.
Media                     : Gambar
G. Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Tema 4 Berbagai Pekerjaan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1:
v  Kegaiatan awal (10 menit)
1.      Guru mengucapkan salam, kemudian guru dan peserta didik berdoa bersama yang dipimpin oleh ketua kelas.
2.      Guru mengabsen kehadiran peserta didik.
3.      Guru menginformasikan kegiatan pembelajaran hari ini dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya dan dirangkai dengan memberi motivasi tentang kegunaan atau manfaat serta tujuan pembelajaran.

v  Kegiatan inti (180 menit)
1.      Mengamati
-          Peserta didik mengamati gambar tentang alat-alat pertanian.
-          Peserta didik mengamati gambar lahan persawahan.
-          Guru menjelaskan langkah-langkah yang harus peserta didik lakukan agar bisa mendapatkan hasil dari pembelajaran.
2.      Menanya
-          Peserta didik bertanya kepada guru tentang materi yang akan di analisis maupun yang akan didiskusikan pada kegiatan pembelajaran.
3.      Mencoba
-          Peserta didik mendiskusikan tentang gambar tentang alat-alat pertanian kemudian di analisis.
-          Peserta didik membandingkan alat-alat yang digunakan dan dibutuhkan untuk pekerjaan dari masa ke masa dalam bentuk lisan dan tulisan.
-          Peserta didik menceritakan perubahan teknologi yang digunakan oleh orang tuanya.
-          Guru meminta peserta didik untuk mmenyampaikan tulisannya kepada temannya.
-          Guru membagi peserta didik menjadi 4 kelompok untuk menganalisa gambar, dan mempediksi alat-alat yang dibutuhkan untuk pekerjaannya di masa mendatang.
-          Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi.
-          Peserta didik menjelaskan dampak positif dan negative dari penggunaan pupuk.
-          Peserta didik berdiskusi tentang lahan luas pertanian dan menjelaskan tentang konsep dan luas keliling bangun gabungan dengan bentuk lisan dan tulisan.
-          Peserta didik berkelompok untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan luas dan keliling bangun datar.
-          Peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang diberikan dan guru mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
4.      Mengasosiasi
-          Beberapa peserta didik melakukan presentasi tentang tema pekerjaan orang tuaku di kelas di depan teman-temannya.
-          Peserta didik membuat pertanyaan yang sesuai untuk mencari informasi tentang pekerjaan orang tua.
5.      Mengomunikasikan
-          Guru memberikan penguatan tentang dampak dari penggunaan pupuk buatan dan pestisida terhadap lingkungan.
-          Guru memberikan kesimpulan yang singkat dan jelas tentang materi dengan tema pekerjaan orang tuaku di semua peserta didik.
v  Kegiatan Penutup (20 menit)
1.      Mengulas kembali materi yang sudah dibahas pada pembelajaran hari ini.
2.      Doa selesai belajar.
3.      Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik, yang dapat menjawab terlebih dahulu maka dapat meninggalkan kelas terlebih dahulu.
I.       Penilaian
Penilaian unjuk kerja

NO

INDIKATOR PENILAIAN
RENTANG SKALA NILAI
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Lugas dan tegas




3
Komunikatif




4
Intonasi bicara




5
Kekompakan anggota




6
Sopan santun saat presentasi




7
Ketepatan waktu




Skor yang dicapai

Skor maksimum

Nilai


Keterangan:
1.      Daftar cek (cek list).
2.      Kriteria penilaian:
4 = baik                          2 = buruk
3 = cukup                       1 = sangat buruk
J. Uraian Materi
Tema 3
Pekerjaan Orang Tuaku


Flowchart: Alternate Process: Tahukah Kamu!
 


Amati gambar berikut

             
      Kakek Udin                                        ayah membajak sawah dengan traktor
Ini adalah gambar kakek dan pamanku. Mereka berdua bekerja sebagai petani. Mereka menanam, memupuk, memanen padi serta membajak sawah. Mereka pekerja keras.


Flowchart: Alternate Process: Ayo Lakukan!
 


Jawablah pertanyaan berikut!
1. Alat apa yang digunakan oleh Kakek Udin untuk menggemburkan tanah?
2. Alat apa yang digunakan oleh Paman Udin untuk menggemburkan tanah?
3. Apakah peralatan mereka sama?
4. Alat mana yang menggunakan mesin?
5. Sebutkan perbedaan kedua alat itu?
6. Menurutmu, alat mana yang lebih cepat untuk mengolah tanah?
7. Menurutmu alat apa yang digunakan untuk mengemburkan tanah pada masa
depan?

Diskusikan hasil jawaban kamu dengan teman sebelah kamu! Teknologi masa lalu lebih sederhana dan hasilnya pun terbatas. Teknologi masa kini biasanya menggunakan mesin yang memudahkan pekerjaan manusia. Gambar di bawah ini adalah contoh lain perkembangan teknologi dari masa ke masa.

                                              
Setrika Arang                                                              setrika listrik

                                                     
Kompor minyak                                                          kompor gas

                                         
Mesin ketik                                                                 computer








Flowchart: Alternate Process: Ayo Belajar!                                                   

Setelah kegiatan menanam, memupuk, dan merawatnya, kini tibalah waktu kakek Udin memanen padi. Ia menghubungi pedagang untuk menjual padi hasil panennya. Pedagang itu tinggal di kota yang letaknya jauh dari rumah Paman Udin. Untuk memudahkan komunikasi, kakek Udin menggunakan telepon.
Di bawah ini beberapa gambar perkembangan telepon.

      1940           1995                 2010
Teknologi komunikasi sangat berkembang dari waktu ke waktu.
Ceritakan perkembangan teknologi telepon yang dapat kamu pahami dari gambar di atas!


 





Apakah perkembangan itu bermanfaat bagi pekerjaan kita?


 






Menurutmu, bagaimana perkembangan telepon pada masa depan?








Flowchart: Alternate Process: Ayo Ceritakan!
 






Sekarang coba tuliskan peralatan yang digunakan oleh orang tuamu pada masa lalu dan masa sekarang untuk membantu pekerjaan mereka!
Tulis juga pengaruh dari perkembangan teknologi itu!
Ceritakan hasilnya kepada teman, di sebelahmu!








Flowchart: Alternate Process: Ayo Cermati!
 








                             

Kakek Udin menggunakan bahan alami, yaitu pupuk kompos, pupuk kandang, dan pestisida alami untuk menyuburkan tanamannya. Pupuk alami membuat hasil panen sangat bagus. Sementara itu, pestisida digunakan untuk mengendalikan hama atau penyakit pada tanaman. Dahulu kakek Udin menggunakan pupuk dan pestisida buatan. Penggunaan pestisida tanpa mengikuti aturan akan membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan, juga dapat merusak lingkungan. Pestisida mengandung racun yang dapat membunuh bakteri pengurai di tanah. Padahal bakteri tersebut berguna untuk menggemburkan tanah. Pupuk buatan dan pestisida mengandung zat-zat yang berbahaya. Jika digunakan secara berlebihan, dapat menimbulkan pencemaran tanah dan air. Akibatnya, beberapa jenis makhluk hidup yang berada di dalam tanah akan mati.
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Pupuk mana yang lebih baik untuk tanaman? Jelaskan!
2. Apa dampak penggunaan pupuk buatan secara berlebihan?
3. Apa dampak penggunaan pestisida secara berlebihan?
4. Apa yang sebaiknya petani lakukan agar tanah tetap terjaga kesuburannya?

Petani juga harus memikirkan lingkungan dengan cara menjaga kesuburan tanah. Hal itu bertujuan supaya tanah bisa terus-menerus digunakan.



Flowchart: Alternate Process: Ayo Berlatih!
 


Kakek Udin adalah petani yang rajin. Ketekunannya membuat hasil panen melimpah. Ia sekarang mempunyai sawah yang cukup luas. Berikut adalah gambar petak sawahnya.
                                           30 cm


                        30 cm
                                                                                                20 cm

                                                            60 cm
Apakah kamu tahu bagaimana menghitung luas dan keliling sawah tersebut? Ayo berlatih menghitungnya!

Kita akan berlatih menghitung luas dan keliling bangun gabungan.
1.      Perhatikan gambar persegi panjang berikut!
        5 cm                    hitunglah luas dan kelilingnya!
                        3 cm

                        5 cm                hitunglah luas dan kelilingnya!
                                                                3 cm
2.      Gabungan 2 gambar persegi panjang!
a. Bangun gabungan apa yang terbentuk?
b. Hitunglah panjang dan lebar dari bangun gabungan baru?
c. Hitunglah luas dan keliling bangun gabungan tersebut!
3.      Sekarang coba bandingkan luas bangun gabungan dengan hasil penjumlahan luas bangun A dan bangun B. Apa yang bisa kamu simpulkan?
4.       Sekarang coba bandingkan keliling bangun gabungan dengan hasil penjumlahan keliling bangun A dan bangun B. Apa yang bisa kamu simpulkan?

Kalian sudah belajar tentang luas bangun yang digabungkan. Sekarang coba hitung berapa luas sawah kakek Udin?
                                                30 cm
                                               

            30 cm
                                                                                                   20 cm
                                                          60 cm
1. Hitunglah berapa luas sawah Paman Udin?
2. Pada saat panen tiba biasanya setiap 100 m2 tanah menghasilkan 80 kg padi. Berapa berat padi yang didapatkan pada waktu panen?
3. Harga 1 kg padi adalah Rp5.500,00. Jika Paman Udin ingin menjual separuh hasil panennya, berapa uang yang didapatkannya?
4. Paman Udin ingin membeli lagi sawah 200 m2. Gambarlah kemungkinankemungkinan bentuknya!

Flowchart: Alternate Process: Ayo Kerjakan! 


Buatlah pertanyaan untuk mewawancarai orang tuamu tentang pekerjaannya!
 






1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
2. Sikap apa yang bisa kita contoh dari Paman Udin?
Flowchart: Alternate Process: Kerjasama dengan orang tua 


Lakukan wawancara dengan orang tuamu menggunakan pertanyaan yang telah kamu buat. Jangan lupa besok dibawa ke sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar