PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
MATA PELAJARAN AL-QUR’AN
HADITS
MADRASAH
IBTIDAIYAH SUNAN AMPEL
KELAS
III SEMESTER 2
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
MI Sunan Ampel
Kelas/Semester :
III/2
Mata Pelajaran :
Al-Qur’an Hadits
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit (1 pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
6.
Memahami kaidah ilmu tajwid.
B.
Kompetensi
Dasar
6.1
Mengenal bacaan mad thobi’i, mad wajib muttashil, dan jaiz munfashil.
C.
Indikator
6.1.1
Mempelajari hukum bacaan mad thobi’i.
6.1.2
Mempelajari hukum bacaan mad wajib muttashil.
6.1.3
Mempelajari hukum bacaan mad jaiz munfashil.
6.1.4
Menjelaskan pengertian mad thobi’i.
6.1.5
Menjelaskan pengertian mad wajib muttashil.
6.1.6
Menjelaskan pengertian mad jaiz munfashil.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengetahui pengertian
dari mad thobi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz munfashil.
2.
Siswa dapat mengetahui tentang
hukumbacaan mad thobi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz munfashil.
E.
Materi Ajar
1.
Pengertian bacaan mad.
2.
Bacaan mad thobi’i.
3.
Bacaan mad wajib muttashil.
4.
Bacaan mad jaiz munfashil.
F.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : saintifik.
2.
Strategi : pernyataan salah atau benar.
3.
Metode : ceramah, diskusi kelompok.
4.
Model : kooperatif.
5.
Media : kertas pernyataan temple.
G.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal (10 menit)
-
Guru
memberikan salam dan mengucapkan basmallah sebelum memulai pelajaran.
-
Guru
menunjuk satu peserta didik untuk memimpin doa bersama sebelum memulai
pembelajaran.
-
Mengulas
kembali secara singkat tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
-
Guru
menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan dipelajari dalam
pembelajaran.
2.
Kegiatan
inti (50 menit)
a.
Eksplorasi
-
Guru
membagi peserta didik menjadi 5 kelompok.
-
Guru
menjelaskan tentang strategi yang akan digunakan dalam pembelajaran.
-
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang strategi
pembelajaran yang sedang digunakan apabila masih ada yang kurang paham.
b.
Elaborasi
-
Guru
menjelaskan dengan singkat tentang materi pelajaran yang sedang di bahas.
-
Guru
membagiakan kartu pernyataan yang jawabannya salah atau benar kepada setiap
kelompok, yang sebelumnya sudah dibuat di rumah.
-
Setiap
anggota kelompok membaca pernyataan yang sudah diberikan oleh guru.
-
Perwakilan
dari anggota kelompok menempel kartu pernyataan di tabel salah atau benar yang
sudah dibuat oleh guru. Jika pernyataan tersebut adalah salah, maka ditempel
ditabel yang bertuliskan salah. Dan sebaliknya jika pernyataan tersebut benar,
maka pernyataan tersebut juga ditempel ditabel yang berisi pernyataan benar.
-
Guru
memberi tanggapan tentang kebenaran atau kesalahan untuk masing-masing kartu
tersebut.
c.
Konfirmasi
-
Dengan
Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman
belajar yang telah dilakukan.
-
Guru
memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran agar
lebih aktif.
3.
Kegiatan
akhir/penutup (10 menit)
-
Guru
dan peserta didik memberikan kesimpulan tentang materi yang telah dibahas.
-
Guru
dan peserta didik mengucapkan hamdalah dan doa secara bersamaan, kemudian guru
mengucapkan salam.
H.
Sumber
Belajar
1.
Buku
paket Al-Qur’an Hadits kelas 3.
2.
LKS
Al-Qur’an Hadits kelas 3.
I.
Penilaian
Penilaian unjuk kerja
NO
|
INDIKATOR
PENILAIAN
|
RENTANG SKALA
NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaan
materi
|
|
|
|
|
2
|
Lugas
dan tegas
|
|
|
|
|
3
|
Komunikatif
|
|
|
|
|
4
|
Aktif
saat diskusi kelompok
|
|
|
|
|
5
|
Kekompakan
anggota kelompok
|
|
|
|
|
6
|
Sopan
santun saat diskusi kelompok
|
|
|
|
|
7
|
Ketepatan
waktu
|
|
|
|
|
Skor yang dicapai
|
|
||||
Skor maksimum
|
|
||||
Nilai
|
|
Keterangan:
1.
Daftar
cek (cek list).
2.
Kriteria
penilaian:
4 = baik
3 = cukup
2 = buruk
1 = sangat buruk
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
bidang studi
....................................... ……………………………..
NIP NIP
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD/MI
Kelas/Semester :
III/2
Mata Pelajaran :
Al-Qur’an Hadits
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit (1 pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
6.
Memahami kaidah ilmu tajwid.
B.
Kompetensi
Dasar
6.2
Menerapkan bacaan mad thobi’i, mad wajib muttashil, dan jaiz munfashil.
C.
Indikator
6.2.1
Membaca bacaan mad thobi’i.
6.2.2
Membaca bacaan mad wajib muttashil.
6.2.3
Membaca
bacaan mad jaiz munfashil.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat membacakan bacaan mad thobi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz
munfashil.
2.
Siswa dapat membedakan bacaan mad
thobi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz munfashil.
E.
Materi Ajar
1.
Contoh bacaan mad thobi’i.
2.
Contoh bacaan mad wajib muttashil.
3.
Contoh bacaan mad jaiz munfashil.
F.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : saintifik.
2. Strategi :
permainan kepala bernomor.
3. Metode : diskusi.
4. Model :
kooperatif.
5. Media : lembaran-lembaran
kertas berisi ayat atau surat al-Qur’an.
G.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal (10 menit)
-
Guru
memberikan salam dan mengucapkan basmallah sebelum memulai pelajaran.
-
Guru
menunjuk satu peserta didik untuk memimpin doa bersama sebelum memulai
pembelajaran.
-
Guru
menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan dipelajari dalam
pembelajaran.
2.
Kegiatan
inti (50 menit)
a.
Eksplorasi
-
Guru
membagi atau memberikan nomor kepada setiap peserta didik.
-
Guru
menjelaskan tentang strategi yang akan digunakan dalam pembelajaran.
-
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang strategi pembelajaran
yang sedang digunakan apabila masih ada yang kurang paham.
b.
Elaborasi
-
Guru
menjelaskan dengan singkat tentang materi pelajaran yang sedang di bahas.
-
Guru
memberikan beberapa contoh cara membaca tajwid bacaan mad yang benar.
-
Guru
membagikan lembaran yang berisi ayat-ayat al-Qur’an kepada peserta didik.
-
Guru
menunjuk 1 peserta didik sesuai nomor yang di dapatkannya, untuk membaca ayat
yang mengandung bacaan mad dengan benar.
-
Peserta
didik yang sudah selesai membaca, kemudian menunjuk nomor untuk mendapat
giliran membaca bacaan mad selanjutnya. Lakukan secara terus menerus langkah
ini sampai semua nomor sudah mendapatkan giliran membaca semuanya.
c.
Konfirmasi
-
Dengan
Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman
belajar yang telah dilakukan.
-
Guru
memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran agar
lebih aktif.
d.
Kegiatan
akhir/penutup (10 menit)
-
Guru
dan peserta didik memberikan kesimpulan tentang materi yang telah dibahas.
-
Guru
dan peserta didik mengucapkan hamdalah dan doa secara bersamaan, kemudian guru
mengucapkan salam.
H.
Sumber
Belajar
1.
Buku
paket Al-Qur’an Hadits kelas 3.
2.
LKS
Al-Qur’an Hadits kelas 3.
3.
Juz
amma.
I.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menemukan bacaan mad tobi’i dalam ayat al-Qur’an.
§ Mendemontrasikan secara sederhana bacaan
mad tobi’i dalam al-Qur’an dan surat-surat pendek.
§ Menemukan bacaan mad Wajib Muttasil dalam
ayat al-Qur’an.
§ Mendemontrasikan bacaan mad Wajib Muttasil dalam
al-Qur’an dan surat-surat pendek.
§ Menemukan bacaan mad Jaiz Munfasil dalam
ayat al-Qur’an.
§ Mendemontrasikan bacaan mad Jaiz Munfasil
dalam al-Qur’an dan surat-surat pendek.
|
Tes Lisan
|
Unjuk Kerja
|
§
Sebutkan bacaan mad tobi’i dalam ayat al-Qur’an dan surat-surat
pendek.
§
Sebutkan bacaan mad
Wajib Muttasil dalam al-Qur’an dan surat-surat pendek.
§
Sebutkan bacaan mad
Jaiz Munfasil dalam ayat al-Qur’an
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
bidang studi
....................................... ……………………………..
NIP NIP
0 komentar:
Posting Komentar