Rabu, 23 November 2016

RPP qurdits kelas 3 semester 2




 




PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS
MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN AMPEL
KELAS III SEMESTER 2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                  : MI Sunan Ampel
Kelas/Semester                        : III/2
Mata Pelajaran                        : Al-Qur’an Hadits
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit (1 pertemuan)
A.    Standar Kompetensi
6. Memahami kaidah ilmu tajwid.

B.     Kompetensi Dasar
6.1 Mengenal bacaan mad thobi’i, mad wajib muttashil, dan jaiz munfashil.

C.     Indikator
6.1.1 Mempelajari hukum bacaan mad thobi’i.
6.1.2 Mempelajari hukum bacaan mad wajib muttashil.
6.1.3 Mempelajari hukum bacaan mad jaiz munfashil.
6.1.4 Menjelaskan pengertian mad thobi’i.
6.1.5 Menjelaskan pengertian mad wajib muttashil.
6.1.6 Menjelaskan pengertian mad jaiz munfashil.

D.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengetahui pengertian dari mad thobi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz munfashil.
2.      Siswa dapat mengetahui tentang hukumbacaan mad thobi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz munfashil.

E.      Materi Ajar
1.      Pengertian bacaan mad.
2.      Bacaan mad thobi’i.
3.      Bacaan mad wajib muttashil.
4.      Bacaan mad jaiz munfashil.

F.      Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : saintifik.
2.      Strategi            : pernyataan salah atau benar.
3.      Metode            : ceramah, diskusi kelompok.
4.      Model              : kooperatif.
5.      Media              : kertas pernyataan temple.

G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan awal  (10 menit)
-          Guru memberikan salam dan mengucapkan basmallah sebelum memulai pelajaran.
-          Guru menunjuk satu peserta didik untuk memimpin doa bersama sebelum memulai pembelajaran.
-          Mengulas kembali secara singkat tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
-          Guru menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan dipelajari dalam pembelajaran.
2.      Kegiatan inti (50 menit)
a.       Eksplorasi
-          Guru membagi peserta didik menjadi 5  kelompok.
-          Guru menjelaskan tentang strategi yang akan digunakan dalam pembelajaran.
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang strategi pembelajaran yang sedang digunakan apabila masih ada yang kurang paham.
b.      Elaborasi
-          Guru menjelaskan dengan singkat tentang materi pelajaran yang sedang di bahas.
-          Guru membagiakan kartu pernyataan yang jawabannya salah atau benar kepada setiap kelompok, yang sebelumnya sudah dibuat di rumah.
-          Setiap anggota kelompok membaca pernyataan yang sudah diberikan oleh guru.
-          Perwakilan dari anggota kelompok menempel kartu pernyataan di tabel salah atau benar yang sudah dibuat oleh guru. Jika pernyataan tersebut adalah salah, maka ditempel ditabel yang bertuliskan salah. Dan sebaliknya jika pernyataan tersebut benar, maka pernyataan tersebut juga ditempel ditabel yang berisi pernyataan benar.
-          Guru memberi tanggapan tentang kebenaran atau kesalahan untuk masing-masing kartu tersebut.
c.       Konfirmasi
-          Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
-          Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran agar lebih aktif.
3.      Kegiatan akhir/penutup (10 menit)
-          Guru dan peserta didik memberikan kesimpulan tentang materi yang telah dibahas.
-          Guru dan peserta didik mengucapkan hamdalah dan doa secara bersamaan, kemudian guru mengucapkan salam.

H.    Sumber Belajar
1.      Buku paket Al-Qur’an Hadits kelas 3.
2.      LKS Al-Qur’an Hadits kelas 3.

I.       Penilaian
Penilaian unjuk kerja

NO

INDIKATOR PENILAIAN
RENTANG SKALA NILAI
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Lugas dan tegas




3
Komunikatif




4
Aktif saat diskusi kelompok




5
Kekompakan anggota kelompok




6
Sopan santun saat diskusi kelompok




7
Ketepatan waktu




Skor yang dicapai

Skor maksimum

Nilai


Keterangan:
1.      Daftar cek (cek list).
2.      Kriteria penilaian:
4 = baik
3 = cukup
2 = buruk
1 = sangat buruk



Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                   Guru bidang studi


.......................................                                                                     ……………………………..
NIP                                                                                                      NIP









RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas/Semester                        : III/2
Mata Pelajaran                        : Al-Qur’an Hadits
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit (1 pertemuan)
A.    Standar Kompetensi
6. Memahami kaidah ilmu tajwid.

B.     Kompetensi Dasar
6.2 Menerapkan bacaan mad thobi’i, mad wajib muttashil, dan jaiz munfashil.

C.     Indikator
6.2.1 Membaca bacaan mad thobi’i.
6.2.2 Membaca bacaan mad wajib muttashil.
6.2.3        Membaca bacaan mad jaiz munfashil.

D.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membacakan bacaan  mad thobi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz munfashil.
2.      Siswa dapat membedakan bacaan mad thobi’i, mad wajib muttashil, dan mad jaiz munfashil.

E.      Materi Ajar
1.      Contoh bacaan mad thobi’i.
2.      Contoh bacaan mad wajib muttashil.
3.      Contoh bacaan mad jaiz munfashil.

F.      Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : saintifik.
2.      Strategi            : permainan kepala bernomor.
3.      Metode            : diskusi.
4.      Model              : kooperatif.
5.      Media              : lembaran-lembaran kertas berisi ayat atau surat al-Qur’an.

G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan awal  (10 menit)
-          Guru memberikan salam dan mengucapkan basmallah sebelum memulai pelajaran.
-          Guru menunjuk satu peserta didik untuk memimpin doa bersama sebelum memulai pembelajaran.
-          Guru menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan dipelajari dalam pembelajaran.
2.      Kegiatan inti (50 menit)
a.       Eksplorasi
-          Guru membagi atau memberikan nomor kepada setiap peserta didik.
-          Guru menjelaskan tentang strategi yang akan digunakan dalam pembelajaran.
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang strategi pembelajaran yang sedang digunakan apabila masih ada yang kurang paham.
b.      Elaborasi
-          Guru menjelaskan dengan singkat tentang materi pelajaran yang sedang di bahas.
-          Guru memberikan beberapa contoh cara membaca tajwid bacaan mad yang benar.
-          Guru membagikan lembaran yang berisi ayat-ayat al-Qur’an kepada peserta didik.
-          Guru menunjuk 1 peserta didik sesuai nomor yang di dapatkannya, untuk membaca ayat yang mengandung bacaan mad dengan benar.
-          Peserta didik yang sudah selesai membaca, kemudian menunjuk nomor untuk mendapat giliran membaca bacaan mad selanjutnya. Lakukan secara terus menerus langkah ini sampai semua nomor sudah mendapatkan giliran membaca semuanya.
c.       Konfirmasi
-          Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
-          Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran agar lebih aktif.
d.      Kegiatan akhir/penutup (10 menit)
-          Guru dan peserta didik memberikan kesimpulan tentang materi yang telah dibahas.
-          Guru dan peserta didik mengucapkan hamdalah dan doa secara bersamaan, kemudian guru mengucapkan salam.

H.    Sumber Belajar
1.      Buku paket Al-Qur’an Hadits kelas 3.
2.      LKS Al-Qur’an Hadits kelas 3.
3.      Juz amma.

I.       Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menemukan bacaan mad tobi’i dalam ayat al-Qur’an.
§  Mendemontrasikan secara sederhana bacaan mad tobi’i dalam al-Qur’an dan surat-surat pendek.
§  Menemukan bacaan mad Wajib Muttasil dalam ayat al-Qur’an.
§  Mendemontrasikan bacaan mad Wajib Muttasil dalam al-Qur’an dan surat-surat pendek.
§  Menemukan bacaan mad Jaiz Munfasil dalam ayat al-Qur’an.
§  Mendemontrasikan bacaan mad Jaiz Munfasil dalam al-Qur’an dan surat-surat pendek.
Tes Lisan
Unjuk Kerja
§  Sebutkan bacaan mad tobi’i dalam ayat al-Qur’an dan surat-surat pendek.
§  Sebutkan bacaan mad Wajib Muttasil dalam al-Qur’an dan surat-surat pendek.
§  Sebutkan bacaan mad Jaiz Munfasil dalam ayat al-Qur’an



Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                   Guru bidang studi


.......................................                                                                     ……………………………..
NIP                                                                                                      NIP





0 komentar:

Posting Komentar