Rabu, 02 November 2016

RPP SKI Kelas 3 semester II



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                  : SD/MI
Kelas/Semester                        : III/2
Mata Pelajaran                        : Sejarah Kebudayaan Islam
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit (1 pertemuan)
A.    Standar Kompetensi
3.      Mengenal peristiwa kerasulan Muhammad SAW.
B.     Kompetensi Dasar
3.2  Mengambil ibrah dari peristiwa kerasulan Muhammad SAW.
C.     Indikator
3.2.1        Mempelajari materi mukjiat Nabi Muhammad SAW.
3.2.2        Menggambarkan peristiwa kemukjizatan Nabi Muhammad SAW.
3.2.3        Mendemonstrasikan materi mukjizat Nabi Muhammd SAW.
3.2.4        Mempresentasikan materi mukjizat Nabi Muhammad SAW.
D.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengetahui berbagai mukjizat yang telah diterima oleh Nabi Muhammad SAW.
E.      Materi Ajar
-          Mukjizat Nabi Muhammad SAW.
1.      Al-Qur’an
2.      Peristiwa isra mi’raj
3.      Pembelahan dada Nabi Muhammad SAW.
4.      Peristiwa gua sur.
F.      Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : saintifik
2.      Strategi            : tim ahli (jigsaw)
3.      Metode            : diskusi kelompok
4.      Model              : kooperatif
5.      Media              : teks


G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan awal  (10 menit)
-          Guru memberikan salam dan mengucapkan basmallah sebelum memulai pelajaran.
-          Guru menunjuk satu peserta didik untuk memimpin doa bersama sebelum memulai pembelajaran.
-          Guru menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan dipelajari dalam pembelajaran.
2.      Kegiatan inti (50 menit)
a.       Eksplorasi
-          Guru membagi peserta didik menjadi 7 kelompok masing-masing terdiri dari 4 orang dan ada satu kelompok yang terdiri dari 3 orang.
-          Guru menjelaskan tentang strategi yang akan digunakan dalam pembelajaran.
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang strategi pembelajaran yang sedang digunakan apabila masih ada yang kurang paham.
b.      Elaborasi
-          Guru membagikan materi kepada peserta didik.
-          Dengan bimbingan guru, peserta didik tiap kelompok berdiskusi tentang pembagian sub bab kepada tiap anggota kelompok.
-          Setiap anggota kelompok membaca sub bab yang ditugaskan dan bertanggung jawab untuk mempelajarinya.
-          Aggota dari kelompok lain yang telah mempelajari sub bab yang sama bertemu dalam kelompok-kelompok ahli untuk mendiskusikannya.
-          Setiap anggota kelompok ahli kembali ke kelompoknya untuk mempresentasikan atau mengajar teman-temannya sekelompok.
-          Pada diskusi kelompok asal, siswa-siswa dikenai tegihan berupa kuis individu.
c.       Konfirmasi
-          Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
-          Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran.

3.      Kegiatan akhir/penutup (10 menit)
-          Guru dan peserta didik memberikan kesimpulan tentang materi yang telah dibahas.
-          Guru dan peserta didik mengucapkan hamdalah dan doa secara bersamaan, kemudian guru mengucapkan salam.
H.    Sumber Belajar
1.      Buku paket SKI Kelas 3
2.      LKS Sejarah Kebudayaan Islam
I.       Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
Jenis penilaian
Bentuk penilaian
instrumen
Dapat menjelaskan tentang pengertian dari mukjizat.
Tes tulis
Jawaban singkat
Apa yang dimaksud dengan Mukjizat 
Dapat menyebutkan mukjizat yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW.
Tes tulis
Jawaban singkat
Beberapa mukjiat Nabi Muhammad SAW adalah …
Dapat menjelaskan tentang peristiwa isra’ mi’raj.
Tes tulis
Jawaban singkat
Dimana Nabi Muhammad mendapatkan perintah untuk menjalankan sholat lima waktu?
Dapat menceritakan tentang pembelahan dada Nabi Muhammad SAW.
Tes tulis
Jawaban singkat
Jelaskan tentang peristiwa pembelahan dada Nabi Muhammad SAW …
Mengerti tentang peristiwa gua sur.
Tes tulis
Jawaban singkat
Siapa yang bersama Nabi Muhammad ketika bersembunyi di gua sur?

Penilaian unjuk kerja

NO

INDIKATOR PENILAIAN
RENTANG SKALA NILAI
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Lugas dan tegas




3
Komunikatif




4
Intonasi bicara




5
Kekompakan anggota




6
Sopan santun saat presentasi




7
Ketepatan waktu




Skor yang dicapai

Skor maksimum

Nilai


Keterangan:
1.      Daftar cek (cek list).
2.      Kriteria penilaian:
4 = baik
3 = cukup
2 = buruk
1 = sangat buruk







Uraian Materi
Mukjizat Nabi Muhammad SAW
Mukjizat adalah kejadian atau peristiwa ajaib yang sukar dijangkau oleh akal manusia. Mukjizat diturunkan Allah SWT kepada Nabi untuk meyakinkan kaumnya bahwa orang tersebut benar-benar Nabi yang diutus Allah.
Demikian pula Nabi Muhammad ketika berdakwah, sebagian besar kaumnya menentangnya. Oleh karena itu, Allah kemudian menurunkan beberapa mukjizat kepada Nabi Muhammad SAW. Beberapa mukjizat tersebut adalah:[1]
1.      Al-Qur’an
Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi seluruh manusia. Al-qur’an merupakan wahyu Allah yang akan terjaga kemurniannya hingga hari kiamat.
Banyak sekali tentang kisah orang-orang yang masuk islam karena mendengar bacaan ayat-ayat al-Qur’an. Ayat-ayat al-Qur’an jika dibaca dengan tulus dan sepenuh hati akan menggetarkan jiwa orang yang mendengarnya.
2.      Peristiwa Isra’ Mi’raj
Adalah perjalanan malam yang luar biasa yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau diperjalankan oleh Allah dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Palestina. Setelah itu, beliau dinaikkan ke Sidratul-Muntaha. Di sana, Nabi Muhammad menghadap Allah dan menerima perintah sholat lima waktu dalam sehari.
Peristiwa ini menjadi penguat iman bagi Nabi Muhammad dan kaum mukminin. Dalam peristiwa ini, Nabi Muhammad bisa mengetahui hal-hal yang belum diketahui manusia. Hal itu menunjukkan keistimewaannya sebagai nabi.
3.      Pembelahan Dada Nabi Muhammad SAW
Peristiwa pembelahan dada ini terjadi ketika Nabi Muhammad masih kecil. Saat itu, ia diasuh oleh Halimah as-Sa’diyah. Suatu ketika, anak Halimah yang bernama Dimrah pulang dari bermain sambil menangis. Ia berkata bahwa ada orang yang menangkap Nabi Muhammad. Orang itu besar-besar dan berpakaian putih-putih. Halimah kemudian bergegas menyusul Nabi Muhammad. Sesampainnya disna, ia menjumpai Nabi Muhammad tengah sendirian menengadah ke langit.
Setelah ditanyai Halimah, Nabi Muhammad berkata bahwa ada dua malaikat turun dari langit. Mereka memberikan salam kepadanya. Mereka kemudian membaringkannya, membuka bajunya, membelah dadanya, dan membasuhnya dengan air yang mereka bawa. Mereka lalu kembli menutup dadanya. Ia tidak merasa sakit dan luka itu tidak ada bekasnya.
4.      Peristiwa Gua Sur
Pada waktu hijrah, Nabi Muhammad berangkat paling akhir. Ia ditemani oleh Abu Bakar as-Siddiq, Asma’, menyiapkan bekal mereka. Karena dikejar kaum kafir, Nabi Muhammad dan Abu Bakar bersembunyi di gua sur selama tiga hari tiga malam. Orang kafir yang mengejarnya masuk ke Gua itu secara kebetulan. Beberapa langkah saja mereka akan berhasil menemukan Nabi Muhammad dan Abu Bakar.
Dengan pertolongan Allah, orang kafir itu tidak melihat mereka. Nabi Muhammad dan Abu Bakar pun selamat dan bisa meneruskan perjalanan menuju Madinah.


[1] Sugeng Sugiharto. 2013. Bingkai Sejarah Kebudayaan Islam. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Hlm:103.

0 komentar:

Posting Komentar